1. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki Profil Lulusan sebagai Pendidik, Praktisi bidang bahasa Indonesia dan Peneliti.

2. Program Studi Sastra Indonesia

Program Studi Sastra Indonesia memiliki Profil Lulusan sebagai Praktisi Bahasa dan Sastra, Jurnalis, dan Entrepreneur di Bidang Bahasa dan Sastra

3. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki Profil Lulusan sebagai pengajar atau pendidik, penegelola lembaga pendidikan (bahasa) dan penerjemahan (interprete / translator)

4. Program Studi Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris memiliki Profil Lulusan sebagai Praktisi Bahasa dan Sastra, Enterpreneur Bahasa dan Sastra dan Jurnalis.

5. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman

Program Studi Bahasa Jerman memiliki Profil Lulusan sebagai pendidik pemula, peneliti pemula, pelaku wisata dan pengembang dibidang kebahasaan.

6. Program studi Pendidikan Bahasa Prancis

Program studi Bahasa Prancis memiliki Profil Lulusan sebagai pendidik pemula, peneliti pemula, pelaku wisata dan pengembang dibidang kebahasaan

7. Jurusan Pendidikan Seni Rupa

Jurusan Pendidikan Seni Rupa memiliki Profil Lulusan sebagai Pendidik pemula, peneliti muda, Kurator dan wirausaha seni.

8. Program Studi Pendidikan Musik

Program Studi Seni Musik memiliki Profil Lulusan sebagai pendidik pemula, peneliti pemula dan enterpreneuer musik.

9. Program Studi Pendidikan Tari

Program Studi Seni Tari memiliki Profil Lulusan sebagai pendidik pemula, peneliti pemula dan pengelola sanggar, penari dan koreografer.

10. Program Studi Seni Pertunjukan

Program Studi Seni Pertunjukan memiliki Profil Lulusan sebagai seniman, pengkaji dan pengkritik seni, dan praktisi seni.

JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki dua program studi (Prodi), yaitu : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Sastra Indonesia.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Visi dan Misi

Visi :

Program Studi yang unggul pada tahun 2023 di bidang pendidikan bahasa Indonesia dan inovasi pembelajaran berlandaskan nilai-nilai luhur budaya etnis Sumatera Utara, yang berdaya saing di tingkat regional, nasional dan memperoleh pengakuan internasional.

Misi :

1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif berdasarkan perkembangan inovasi pengetahuan di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya. 

2. Melaksanakan penelitian yang menghasilkan temuan baru yang inovatif di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya berlandaskan nilai luhur budaya Sumatera Utara.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berlandaskan nilai luhur budaya Sumatera Utara.

 4. Melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi.

5. Melaksanakan program peningkatan mutu SDM yang unggul bagi pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk berkontribusi bagi kemajuan IPTEKS.

6. Melaksanakan tridarma perguruan tinggi yang inovatif bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan pendapatan/ income generate.

Standar Kompetensi  Lulusan:

Menjadi Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Mampu mengaplikasikan  teori-teori/prinsip-prinsip pendidikan, ilmu-ilmu bahasa-sastra Indonesia, ilmu-ilmu pembelajaran bahasa Indonesia dan   mampu memanfaatkan  ilmu pengetahuan, teknologi dan /atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoretis bidang pendidikan secara umum, konsep teoretis  bidang bahasa/sastra Indonesia dan konsep teoretis bidang pembelajaran bahasa Indonesia (termasuk pendukungnya), serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang bahasa-sastra Indonesia dan pembelajaran bahasa Indonesia.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data tentang permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia dan mampu memberikan petunjuk/solusi dalam memilih berbagai alternatif secara mandiri dan kelompok.
  4. Memiliki tanggung jawab pada pekerjaan sendiri dalam mengelola pertunjukan sastra Indonesia dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja di sekolah.
Program Studi Sastra Indonesia

 Visi dan Misi

Visi :

Menjadi prodi yang unggul dalam bidang industri bahasa dan sastra Indonesia berbasis kearifan lokal, berdaya saing regional dan nasional menuju rintisan Internasional pada tahun 2025”.

Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bermutu kepada mahasiswa berorientasi kepada perubahan paradigma pendidikan dan revolusi industry 4.0 yang menuntut sistem digitalisasi pembelajaran.

2. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan mempunyai jiwa kewirausahaan melalui inkubator bisnis berbasis bahasa dan sastra.

3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakatmelalui penulisan karya ilmiah yang dipublikasi pada jurnal Internasional Bereputasi berbasis pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

4. Mengembangkansastra lisan dan kearifan lokal kelompok etnis di Sumatera Utara.

5. Menerapkan kajian antardisiplin ilmu dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk pembangunan sosial, ekonomi dan budaya.

6. Melaksanakan kerjasama dengan universitas luar negeri dan asosiasi profesi asing dalam bidang bahasa dan sastra untuk meningkatkan kualitas lulusan prodi

  Standar Kompetensi Lulusan:

Kompetensi lulusan Program Studi Sastra Indonesia meliputi kompetensi kesastraan, kompetensi komunikasi dan kejurnalistikan.

  1. Kompetensi Kesastraan

Menguasai teori sastra; menguasai metode-metode penelitian sastra; mampu melakukan cipta sastra dan apresiasi sastra; mampu membuat kritik sastra; mampu melakukan penelitian sastra, baik sastra lisan maupun sastra kontemporer; dan mampu melakukan pembinaan sastra.

  1. Komunikasi dan Kejurnalistikan

Menguasai berbagai teori komunikasi; memiliki pemahaman akan karakeristik konsep dan kajian jurnalistik dan keterampilan; terampil menulis berita dan artikel; dan memahami profesi kejurnalistikan sebagai salah satu aspek manajemen yang diperlukan setiap organisasi.

Kompetensi Dasar Pendukung Keahlian Utama:

  1. Dapat menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
  2. Dapat tampil sebagai pribadi yang terpuji, berakhlak mulia dan selalu menjadi teladan bagi peserta didik
  3. Mengembangkan diri sastrawan yang profesional
  4. Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan pendidikan
  5. Mampu berpikir/bernalar
  6. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan tulisan
  7. Mampu mengungkapkan gagasan dan perasaannya melalui tulisan dengan menggunakan  bahasa Indonesia yang baik dan benar
  8. Mampu membaca narasi, peta, statistik, tabel, grafik, buku teks & koran
  9. Mampu berbicara (mengungkapkan ide, gagasan di depan umum), contohnya debat anak dengan orang tua
  10. Mampu mendengarkan (perkuliahan/ceramah, berita media elektronik, pementasan drama sastra & diskusi)
  11. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia
  12. Mampu berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan lembaga dan masyarakat sebagai stakeholders
  13. Mampu bekerja sama dalam tim untuk meningkatkan etos dan kerja
  14. Mampu berinteraksi dalam lingkungan sekitar melalui ilmu pengetahuan yang diperoleh
  15. Berkontribusi terhadap pengembangan diri dan masyarakat di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional
  16. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berkomunikasi bahasa Indonesia dan  bahasa Inggris utk mengembangkan wawasan

JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris memiliki dua program studi (Prodi), yaitu : Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Visi dan Misi

Visi :

Program studi kategori terbaik di bidang pendidikan dan  pengajaran bahasa Inggris yang berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional.   

Misi :

1.    Menyelenggarakan pelayanan pendidikan, pembelajaran dan pengajaran yang berstandar mutu tinggi, berkarakter dan berbasis teknologi kepada mahasiswa dan mayarakat.

2.    Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran  Bahasa Inggris.

3.    Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam usaha pengembangan ilmu kependidikan dan pengajaran dalam bentuk pelatihan dan seminar kependidikan, pengajaran dan pembelajaran terpadu khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

4.    Menyelenggarakan program kerja sama di bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris dengan berbagai lembaga terkait di tingkat nasional dan internasional.

5.      Menciptakan suasana, atmosfir dan budaya akademik yang kondusif  bagi civitas akademika baik internal maupun eksternal.

 

Standar Kompetensi Lulusan:

Kompetensi Pedagogik:

  1. Memahami karakteristik peserta didik bahasa Inggris dari aspek fisik, sosial, moral, kultural, emosianal dan intelektual.
  2. Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik bahasa Inggris.
  3. Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mampu memfasilitasi pengembangan   potensi peserta didik. 
  5. Menguasai berbagai metode dan media pembelajaran serta mampu memilih metode dan media yang tepat dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar di sekolah menengah (SMA,MA,dan SMK)
  6. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik di sekolah menengah (SMA,MA dan SMK)
  7. Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran bahasa Inggris
  8. Mampu merancang dan menyusun kurikulum sekolah menengah (SMA, MA dan SMK)
  9. Mampu merancang dan melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

 

  1. Kompetensi Kepribadian :
  1. Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan  berwibawa.
  2. Selalu tampil sebagai pribadi yang terpuji, berakhlak mulia,dan selalu menjadi teladan bagi peserta didik.
  1. Berprilaku dan terus menerus mengembangkan diri sebagai pendidik yang profesional.
  1. Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan pendidikan.

 

  1. Kompetensi Profesional :
  1. Mampu berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
  2. Mampu mengungkapkan secara kronologis perkembangan literatur bahasa Inggris dari masa ke masa.
  3. Mampu mengungkapkan nilai ekonomi,  politik, pola hidup dan nilai budaya Inggris dalam kehidupan bidang sosial
  4. Mampu menilai dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan.
  5. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Inggris.

 

  1. Kompetensi Sosial :
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan peserta didik, orang tua peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan dan  masyarakat sebagai stakeholders.
  2. Mampu bekerja sama dalam tim untuk meningkatkan etos dan kinerja.
  3. Mampu berintegrasi dengan lingkungan sekitar melalui ilmu pengetahuan yang  diperoleh.
  4. Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat di tingkat lokal, regional, nasional dan  interrnasional.
  5. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, serta mampu menggunakan bahasa Inggris untuk mengembangkan wawasan.

 

Program Studi Sastra Inggris

Visi dan Misi

Visi :

Pada tahun 2025 menjadi program studi kategori terbaik di bidang penguasaan varitas bahasa Inggris pada tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional.

Misi :

1.         Menyelenggarakan pelayanan pendidikan bermutu dalam bidang penguasaan varitas bahasa Inggris.

2.         Menyelenggarakan penelitian, kajian antar disiplin ilmu untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang varitas bahasa Inggris.

3.         Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan budaya dan kearifan lokal kelompok etnis di Sumatera Utara dikaitkan dengan bidang varitas bahasa Inggris.

4.         Menciptakan budaya  akademik  yang kondusif bagi civitas akademika yang mendorong tumbuhnya minat dan dedikasi untuk mempelajari dan meneliti topik-topik linguistik terbaru, kesastraan, ESP dan penerjemahan.

5.         Menyelenggarakan kerjasama dengan dunia usaha, industri dan pariwisata serta lembaga terkait.

Standar Kompetensi Lulusan:

  1. Mampu mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Inggris secara efektif dan efisien dengan pemanfaatan ipteks.
  2. Mampu menguasai konsep teoritis bidang kajian kebahasaan, khususnya linguistik dan sasta secara baik dalam memecahkan masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data tentang permasalahan terkait kajian linguistik dan sastra.
  4. Mampu melaksanakan penelitian bahasa dan sastra yang relevan dengan situasi di Indonesia.
  5. Memiliki ketrampilan berbahasa dalam menyampaikan hasil temuan dalam penelitian, baik dalam forum maupun dalam bentuk karya ilmiah.
  6. Mampu menghasilkan karya karya kebahasaan dan sastra yang berkontribusi terhadap perkembangan bahasa itu sendiri sebagai wujud tanggung jawab profesi.

JURUSAN BAHASA ASING

Jurusan Bahasa Asing memiliki dua program studi (Prodi), yaitu : Prodi Pendidikan Bahasa Jerman dan Prodi Pendidikan bahasa Prancis

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman

Visi dan Misi

Visi :

Program Studi kelompok terbaik di bidang pendidikan bahasa Jerman pada tingkat nasional dan  diperhitungkan di tingkat internasional

 

Misi :

1.    Menyelenggarakan layanan pendidikan bahasa Jerman bermutu kepada mahasiswa.

2.    Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran bahasa Jerman.

3.    Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi civitas akademika.

4.    Menyelenggarakan kerjasama dengan instansi terkait dalam bidang social dan budaya di tingkat  lokal, regional dan internasional.

 

Standar Kompetensi Lulusan:

  1. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
  • Mengerti dan menguasai dasar-dasar linguistik, fonologi, morfologi dan sintaksis bahasa Jerman
  • Mengerti dan menguasai hakikat terjemahan serta mengetahui macam-macam metode, teknik penerjemahan dan pergeseran sehingga mampu menerjemahkan leksikon dengan atau tanpa kamus, mengenal struktural gramatikal, situasi komunikasi dan konteks budaya bahasa sumber.
  • Mengerti dan memahami empat keterampilan dasar berbahasa Jerman yakni : menyimak, berbicara, membaca dan  menulis untuk tujuan komunikasi.
  • Mengerti dan memahami negara dan kebudayaan Jerman, serta dapat membandingkan kebudayaan Jerman dan Indonesia.
  1. Keterampilan Intelektual (Intellectual Skill)
    • Mampu menjelaskan landasan teori dasar-dasar linguistik, fonologi, morfologi dan sintaksis bahasa Jerman.
    • Menguasai penerapan empat keterampilan dasar berbahasa Jerman, yakni: menyimak, berbicara, membaca dan menulis untuk berbagai keperluan.
    • Mengetahui negara dan kebudayaan Jerman, serta dapat menerangkannya dalam bahasa Jerman sederhana dan membandingkan kebudayaan Jerman dan Indonesia.
    • Mampu menggunakan bahasa Jerman dalam memandu perjalanan wisata, memperkenalkan budaya lokal, berwawasan luas terutama pengetahuan tentang objek wisata di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.
    • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Jerman, memahami dan memberi tanggapan terhadap ucapan penutur asli dan menyampaikan pendapatnya sendiri serta memiliki rasa percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Jerman setingkat dasar A2.
    • Mampu Mengucapkan kata dan kalimat dalam bahasa Jerman dengan intonasi (Intonation), aksen (Akzent), penekanan (Betonung) dan pengucapan (Aussprache) yang sejauh mungkin mendekati ucapan penutur asli.
    • Mampu menjelaskan dasar-dasar linguistik, fonologi, morfologi dan sintaksis bahasa Jerman.
  2. Keterampilan Praktis (Practical Skill)
  • Mampu menerangkan dasar-dasar linguistik, fonologi, morfologi dan sintaksis bahasa Jerman dalam bahasa Jerman untuk melakukan penelitian.
  • Menerapkan empat keterampilan berbahasa Jerman untuk berbagai keperluan.
  • Mampu menerangkan negara dan kebudayaan Jerman dan membandingkan kebudayaan Jerman dan Indonesia.
  • Mampu menganalisis tata bahasa Jerman tingkat awal (A1).
  • Mampu menerapkan teori belajar, menganalisa proses pembelajaran, mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran, pengadaan media belajar dan menciptakan program pendidikan.
  1. Keterampilan Manajerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)
  • Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional.
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa Jerman secara baik dan benar.
  • Dapat menyelesaikan masalah kebahasaan baik secara nasional, regional, maupun internasional.
  • Mengerti dan tanggap terhadap isu-isu kebahasaan dan sastra yang berkembang.
  • Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penelitian dan pemanfaatan bahasa Jerman.
  • Mampu mengembangkan diri melalui berfikir logis, kritis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah kebahasaan.

Mampu bekerja sama dan beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja dan masyarakat.

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis

 Visi dan Misi

Visi :

Program Studi kelompok terbaik di bidang pendidikan bahasa Prancis pada tingkat nasional dan  diperhitungkan di tingkat internasional

 

Misi :

1.    Menyelenggarakan pelayanan bermutu dalam pembelajaran bahasa Prancis kepada mahasiswa dan masyakarat.

2.    Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Prancis.

3.    Mengembangkan kajian antar disiplin bahasa Prancis untuk pembangunan sosial, ekonomi dan  budaya.

4.    Menumbuhkan sikap positif mahasiswa terhadap bahasa dan budaya Prancis untuk pengembangan pengajaran bahasa dan budaya nasional

5.    Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga terkait di tingkat lokal,   Regional, nasional dan  internasional.

6.    Menciptakan suasana akademik yang kondusif baik internal maupun eksternal.

Standar Kompetensi Lulusan:

  1. Kompetensi Pedagogik :
    1. Memahami karakteristik peserta didik bahasa Prancis dari aspek fisik, sosial, moral, kultural, emosional dan
    2. Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik bahasa Prancis.
    3. Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaran bahasa Prancis.
    4. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
    5. Menguasai berbagai metode dan media pembelajaran serta mampu memilih metode dan media yang tepat dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar di sekolah menengah (SMA, MA dan  SMK).
    6. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Prancis yang mendidik di sekolah menengah (SMA, MA dan SMK).
    7. Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran bahasa Prancis.
    8. Mampu merancang dan menyusun kurikulum sekolah menengah (SMA, MA dan SMK).
  2. Kompetensi Kepribadian :
  3. Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan
  4. Selalu tampil sebagai pribadi yang terpuji, berakhlak mulia dan selalu menjadi teladan bagi peserta didik.
  5. Berperilaku dan secara terus menerus mengembangkan diri sebagai pendidik yang profesional.
  6. Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan pendidikan.

 

  1. Kompetensi Profesional :
    1. Mampu berbahasa Prancis secara lisan dan tulisan.
    2. Mampu mengungkapkan secara kronologis perkembangan literatur bahasa Prancis dari masa ke masa (moyen-âge hingga contemporaire)
    3. Mampu mengungkapkan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sosial bidang ekonomi dan politik serta pola hidup di Prancis.
    4. Mampu menilai dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan
    5. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Prancis.

 

 

  1. Kompetensi Sosial
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan peserta didik, orang tua peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan dan masyarakat sebagai
  3. Mampu bekerja sama dalam tim untuk meningkatkan etos dan kinerja.
  4. Mampu berintegrasi dengan lingkungan sekitar melalui ilmu pengetahuan yang diperoleh.
  5. Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat di tingkat lokal, regional, nasional dan
  6. Mampu memanfatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, serta mampu menggunakan bahasa Prancis dan bahasa Inggeris untuk mengembangkan

JURUSAN SENI RUPA (Program Studi Pendidikan Seni Rupa)

Visi dan Misi

Visi :

Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dalam bidang pendidikan seni rupa, dan pengembangan karya  berbasis budaya Sumatera Utara guna menopang industri pariwisata dan industri kreatif pada tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional.

 

Misi :

1.     Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu berbasis kompetensi abad 21 dalam  pembelajaran seni rupa.

2.     Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah pada jurnal terindeks dalam bidang seni rupa.

3.     Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka hilirisasi penelitian dan ipteks.

4.     Menyelenggarakan kerjasama dengan stakeholder guna mengembangkan pendidikan, penciptaan, dan pengkajian dalam bidang ilmu seni rupa.

5.    Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif dan memberikan layanan yang prima baik internal maupun eksternal.

6.    Menyelenggarakan pelatihan profesional dalam di bidang kesenirupaan untuk menunjang industri pariwisata dan dunia usaha dalam bidang industri kreatif.

Standar Kompetensi Lulusan:  

  1. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan pelatihan seni rupa di berbagai jenjang pendidikan (pra sekolah, sekolah dasar, menengah dan jenjang perguruan tinggi)

 

  • Mampu mengidentifikasi perilaku awal peserta didik
  • Mampu merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan pelatihan bidang seni rupa disekolah dan lembaga pendidikan lainnya.
  • Mampu mengembangkan bahan ajar bidang seni rupa sesuai dengan jenjang pendidikan.
  • Mampu membuat media pembelajaran dalam bentuk grafis dan audio visual
  • Mampu melakukan penelitian dalam pendidikan dan bidang seni rupa
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan prinsip-prinsip penciptaan berbasis konsep, sikap dan kinerja untuk menghasilkan karya seni rupa yang sesuai kebutuhan ekspresi seni, industri atau pariwisata

 

  • Mampu mendiskripsikan pengetahuan seni rupa berdasar kontek sejarah, budaya timur dan barat.
  • Mampu menciptakan karya seni rupa dengan media dan teknik sesuai konsep.
  • Mampu mengembangkan proses penciptaan dengan berbagai alternatif media dan teknik untuk menciptakan karya seni rupa sesuai kebutuhan industri dan pariwisata lokal, nasional maupun internasional.
  • Mampu mendiskripsikan prinsip perancangan karya seni atau desain bernilai dan berdayaguna
  • Mampu mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk memahami dan mengaplikasikan media, teknik dan proses pembuatan karya seni rupa untuk kebutuhan ekspresi
  1. Mampu memilih, membedakan dan mengevaluasi materi/persoalan serta ide untuk mengkomunikasikan nilai-nilai tertentu dalam bentuk karya visual maupun tulisan ilmiah

 

  • Mampu membedakan berbagai karya seni berdasar konsep tertentu
  • Mampu menilai atau mengevaluasi materi, persoalan atau karya seni berdasar konsep seni timur dan barat
  • Mampu menilai hasil karya seni masyarakat sesuai dengan norma-norma yang berlaku
  • Mampu memberikan apresiasi terhadap hasil karya seni tradisional dan modern Indonesia berdasarkan pada norma dan kajian ilmiah
  • Mampu memberikan apresiasi terhadap hasil karya seni tradisional dan modern mancanegara berdasarkan pada norma dan pengkajian secara ilmiah.

 

  1. Mampu mengorganisasi komponen-komponen distribusi karya, proses penciptaan dan pengetahuan seni

 

  • Mampu menyelengarakan pameran dengan prinsip organisasi karya, sumber daya, waktu dan tempat dalam rangka untuk mendistribusikan produk seni pada sasaran yang tepat
  • Mampu menunjukkan pengetahuan dan kinerja pemasaran karya seni berdasar norma dan etika yang berlaku
  • Mampu menunjukkan proses penciptaan dan pengetahuan seni dalam kegiatan pertemuan ilmiah, diskusi seni atau workshop

 

JURUSAN SENI DRAMA, TARI dan MUSIK (SENDRATASIK)

Jurusan Sendratasik memiliki dua program studi (Prodi), yaitu : Prodi Pendidikan Musik, Prodi Pendidikan Tari, dan Prodi Seni Pertunjukan

Program Studi Pendidikan Musik

Visi dan Misi

Visi :

“Pada Tahun 2025 Menjadi Program Studi Pendidikan Musik yang Unggul dalam Bidang Pendidikan Musik dan Pengembangan Karya Seni Musik Berbasis Budaya Lokal Sumatera Utara pada Tingkat Nasional dan Memperoleh Pengakuan Internasional”.

Misi :

1.          Menyelenggarakan pembelajaran dan pengajaran seni musik kreatif dan inovatif berbasis budaya lokal Sumatera Utara yang bermutu dan berkarakter.

2.          Menyelenggarakan pengkajian, penciptaan, pengelolaan dan penyajian seni musik untuk pelestarian dan pengembangan ilmupengetahuan, teknologi dan pariwisata berbasis budaya lokal Sumatera Utara.

3.          Menyelenggarakan penelitian dan penulisan karya ilmiah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran seni musik.

4.          Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang   bermutu.

5.          Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui revitalisasi, preservasi, dan  inovasi di bidang seni musik berbasis budaya lokal Sumatera Utara berdasarkan hasil pengabdian masyarakat.

6.          Menyelenggarakan kerjasama dengan stakeholder guna mengembangkan pendidikan, pengkajian, penciptaan, pengelolaan dan penyajian dalam ilmu seni musik berbasis budaya lokal Sumatera Utara.

 

Standard Kompetensi Lulusan:

  1. Memiliki kemampuan menjadi pendidik yang dapat merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran seni musik dengan memanfaatkan teknologi informasi  dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Memiliki kemampuan bidang pendidikan seni musik secara teoritik dan praktikal secara mendalam (musik klasik barat, musik populer, musik tradisional Sumatera Utara)
  3. Memiliki Kemampuan menguasai keterampilan memainkan instrumen musik dan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pelatihan seni musik di lembaga kursus/Sanggar/SKB/PKBM/BLK dengan memanfaatkan teknologi informasi
  4. Memiliki kemampuan mengaransemen dan menciptakan musik dengan memanfaatkan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
  5. Memiliki kemampuan dan bertanggung jawab dalam menyelenggarakan dan mengelola pagelaran musik baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain
  6. Memiliki kemampuan mengkaji dan menulis karya tulis ilmiah pendidikan dan kebudayaan musik.
Program Studi Pendidikan Tari

Visi dan  Misi

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Tari yang Terbaik di bidang Pendidikan, pengkajian, dan pengembangan Tari berbasis budaya lokal Sumatera Utara, yang berdaya saing ditingkat Nasional dan Internasional pada tahun 2022

Misi :

1.      Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif melalui integrasi pendidikan karakter bagi  civitas akademika, baik internal maupun eksternal untuk menghasilkan lulusan yang bermutu di bidang pendidikan tari.

2.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran seni tari yang bermutu   dan berkarakter berbasis budaya lokal SumateraUtara, serta berorientasi kepada perubahan paradigma pendidikan dan revolusi industri 4.0 yang menuntut sistem digitalisasi pembelajaran.

3.      Melaksanakan penelitian terkait bidang pendidikan dan seni budaya guna pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai referensi dalam pembelajaran Pendidikan Tari.

4.       Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui revitalisasi, inovasi, dan preservasi pengajaran dan seni tari berbasis budaya lokal 8 etnis Sumatera Utara

5.       Menciptakan lulusan yang  profesional di bidang  kepenarianberbasis budaya lokal Sumatera Utara, pengelolaan sanggar seni, penyediaan jasa terkait dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

6.       Menyelenggarakan kerjasama dan berperan aktif dengan lembaga terkait di tingkat regional, nasional, dan internasional di bidang pendidikan dan seni tari.

 

Standard Kompetensi Lulusan:

  1. Mampu merencanakan dan melakukan pembelajaran seni tari di sekolah
  2. Mampu memperagakan dan menganalisis berbagai tari dan etnis yang terdapat di Indonesia dan luar Indonesia
  3. Mampu merancang berbagai bentuk karya dan pendukung-pendukungnya
  4. Mampu menciptakan karya seni tari serta pendukungnya dalam berbagai bentuk atau jenis dan berbagai pola garapan
  5. Mampu mengkomunikasikan karya seni tari secara lisan maupun tulisan
  6. Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni tari tradisional, kreasi, modern, maupun kontemporer
  7. Mampu mengelola kegiatan seni tari ( pertunjukan dan seminar)
  8. Mampu melakukan penelitian dibidang seni tari
  9. Mampu mempublikasikan hasil seni tari
  10. Mampu mengembangkan kemampuan akademis di masyarakat (dunia industri, parawisata, lembaga pemerintahan dan swasta)
Program Studi Seni Pertunjukan

Visi dan  Misi

Visi :

Menjadi kelompok Program Studi terbaik di bidang pendidikan, pengkajian, penciptaan, penyajian dan  pengelolaan seni musik berbasis budaya lokal Sumatera Utara (Sumut) pada tingkat nasional dan mendapat pengakuan di tingkat internasional

 

Misi :

1.      Menyelenggarakan pembelajaran dan pengajaran seni musik yang bermutu dan berkarakter  kepada mahasiswa dan masyarakat.

2.       Menyelenggarakan pengkajian, penyajian, penciptaan dan pengelolaan seni musik  untuk pelestarian dan pengembangan ilmu pengetahuan bebasis muatan budaya lokal Sumut.

3.       Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penciptaan, revitalisasi, preservasi dan   inovasi di bidang seni berbasis 8 etnis Sumut.

4.       Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi civitas akademika, baik di lingkungan internal Prodi maupun eksternal unimed.

5.       Menyelenggarakan kerjasama dan berperan aktif dengan lembaga terkait di tingkat lokal, nasional dan  internasional di bidang pendidikan seni budaya.

 

Standard Kompetensi Lulusan:

  1. Menguasai teori-teori dasar dalam bidang seni pertunjukan (tari, musik, teater) dalam bidang penciptaan dan pengkajian.
  2. mampu menciptakan prinsip-prinsip seni kedalam karya seni dari berbagai aliran dan seni berbasis budaya lokal.
  3. Mampu mengeskpresikan diri melalui kegiatan menari, bermain musik dan bermain peran.
  4. mampu mengaplikasikan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam penciptaan karya seni pertunjukan.
  5. Mampu merias penari, aktor/ aktris, penyanyi/komponis dalam kebutuhan pertunjukan, sesuai dengan tema dan karakternya.
  6. Mampu mengelola (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi ) seni pertunjukan pertunjukan (tari, musik dan teater) dalam berbagai kebutuhan
  7. Mampu merancang dan menciptakankemasan seni pertunjukan untuk kosumsi pariwisata.
  8. Mampu melaksanakan penelitian, serta dapat mengimplementasikan ke dalam karya seni dan karya ilmiah.
  9. Mampu merancang dan menata artistik panggung dengan menggunakan media teknologi

My Cart