Dosen Unimed Berikan Pendampingan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sosial-Budaya Lokal

Author:admin unimedPublished on:Published in:News

 Unimed mengemban tugas tridarma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, yang diadakan di Desa Saentis, Kecaramatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Tim Fakultas Bahasa dan Seni Unimed, yaitu: Dr. Zulkifli, M.Sn. (ketua tim), Drs. Mesra, M.Sn., Barli Kifli, S.Pd. M.Hum., Ryan Dallion, S.Pd. M.Pd., dan Frisdo Ekardo, S.Sn., M.Sn. Kegiatan ini dilaksanakan Tanggal 27 Mei 2024, di kantor Desa Saentis, dibuka oleh Kepala Desa Saentis, yang pada hal ini diwakili oleh Kaur perencanaan Bapak Muhammad Dicky Pratama Putra, ST.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pengembangan Desa Wisata Saentis Berbasis Sosial-Budaya Lokal Melalui Pengembangan Desain Komunikasi Visual, Manajemen Usaha, dan Branding Image Wisata”. Untuk mendorong kemajuan Desa, salah satunya adalah melalui pengembangan potensi pariwisata. Dengan ini akan terjadi mobilitas orang, dan sejalan dengan itu terjadi transaksi ekonomi. Desa Saentis berpotensi menjadi desa wisata, karena dekat dengan Kota Medan, dan memiliki berbagai sumber daya.

Untuk itu, harus dilakukan upaya yang berkelanjutan, mulai dari menumbuhkan kesadaran masyarakat akan potensi yang ada. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilakukan pelatihan membuat desain komunikasi visual melalui aplikasi Canva. Dengan ini masyarakat akan dapat mempromosikan berbagai usaha, atau mensosialisakan berbagai kegiatannya, baik dalam bentuk tercetak atau langsung di share melalui media sosial. Masyarakat Desa Saentis juga diberi pemahaman tentang manajemen usaha, di mana pertimbangan untuk memulai usaha diukur dari perspektif konsumen, pertimbangan pemasaran, bukan dikarenakan seseorang mampu dan mau membuat atau melakukan sesuatu. Bisa saja produk atau jasa yang ditawarkan sama dengan yang dibuat atau ditawarkan orang lain, namun harus memiliki nilai tambah berupa keunikan, cita rasa, kemudahan, suasana, dll.

Lebih jauh, tim pengabdian memberi tips dan trik, bahwa dalam menjalankan usaha  hendaklah: 1) yakin dan percaya diri; 2) lakukan sesuatu yang realistis (tidak hanya ambisius); 3) didukung dengan pengetahuan dan wawasan yang memadai; 4) lakukan kerjasama (kolaborasi); 5) bertahap, nikmati prosesnya; 6) sungguh-sungguh dan konsisten; 7) serta terus belajar dan berdoa.

Kaur perencanaan Desa Saentis, Bapak Muhammad Dicky Pratama Putra, ST yang mewakili Kepala Desa sangat mengapresiasi dilaksanakan kagiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Masyarakat Desa Saentis juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini.(Humas Unimed)