FBS Unimed Gelar Revitalisasi Penyusunan Dokumen Kurikulum Outcome Based Education (OBE)

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan melakukan revitalisasi penyusunan dokumen kurikulum Outcome Based Education (OBE) di Aula Lt. IV Digital Library Universitas Negeri Medan, pada Senin (29/07). Dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt. (Wakil Rektor I UNP).

Acara penguatan kurikulum OBE ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. dan diikuti oleh Wakil Rektor, Sekretaris Senat, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Dosen, Ka. Lab dan Fungsionaris se-lingkungan FBS Universitas Negeri Medan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. mengatakan Acara ini dilakukan dalam rangka menyiapkan dosen dan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi dan skill mahasiswa harus terus kita persiapkan secara terencana dan maksimal, agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Menyikapi kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi berkembang sangat pesat, sehingga memunculkan kesenjangan antara dunia pendidikan dengan kebutuhan SDM di dunia kerja dan masyarakat. Tantangan pendidikan abad 21 adalah peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi.

Kita di Unimed sudah selesai menyusun Kurikulum OBE di tingkat universitas dan semua program studi, bahkan sudah kita terapkan dalam proses perkuliahan. Hari ini FBS dan beberapa fakultas telah melaksanakan kegiatan penguatan dalam Implementasi dan Inovasi Kurikulum OBE Berbasis 4 Literasi (SDM, Digital, Big Data dan Bahasa). Penerapan Outcome-Based Education (OBE) di FBS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akreditasi internasional. Kurikulum OBE merupakan pendekatan yang inovatif untuk pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja. Penerapan OBE di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan daya saing lulusan PTN di kancah global.

Sebagai Keynote Speaker, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan Integrasi 4 Literasi pada Implementasi Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) meliputi Literasi manusia, bahasa, IT dan Data di Unimed melalui penerapan Kompetensi, Output, Konten, Proses, Asesmen, dan Outcomes. Sehingga melahirkan transformasi kultural tentang kelembagaan dan tata kelola prodi dan FBS serta perbaikan sistem penjaminan mutu.

Adapun tahapan integrasi literasi dalam implementasi kurikulum berbasis OBE di Unimed adalah dengan menganalisis 4 literasi untuk menemukan indikator, konteks, penerapan, dan strategi evaluasinya, mengintegrasikan 4 literasi pada CPL, mengembangkan rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan 4 literasi, mengembangkan RPS yang mengintegrasikan 4 literasi dan melaksanakan pembelajaran dan evaluasi yang otentik. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis 4 literasi, Dekan segera membuat kebijakan Fakultas dan Prodi, membuat panduan operasional implementasi, membuat panduan Monev dan QA serta panduan RTLnya. (Humas Unimed/eo)