FBS Unimed Gelar Pameran Seni Rupa Sebagai Bentuk Apresiasi Pelantikan Pengurus APSI

Salah satu bentuk apresiasi atas terselenggaranya pelantikan pengurus dan anggota APSI (Asosiasi Pendidik Seni Indonesia) wilayah Sumatera Utara, maka diadakannya Pameran Seni Rupa hasil rangka kerja sama antara Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan dengan Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI), Program Studi S-2 dan S-3 Pendidikan Seni Universitas Negeri Semarang yang berlangsung di Galeri Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan pada 15 Juli 2024.

Kegiatan pameran seni rupa ini dihadiri oleh Ketya APSI Dr. Agus Cahyono, M. Hum., Koordinator APSI Wilayah Sumut Dr. Pulumun P. Ginting, S.Sn., M.Sn., Dosen yang tergabung dalam APSI pusat dan wilayah serta diikuti oleh para alumni Jurusan Seni Rupa FBS Unimed.

Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum selaku ketua pelaksana pameran menyampaikan bahwasannya organiasi profesi sangat mempengaruhi terhadap apa yang diperjuangkan. Banyak hal positif yang ada dalam organisasi profesi yang memberikan dampak pada setiap anggota dan kemajuan organisasi. Organisasi profesi yang dikelola dengan baik akan meningkatkan citra sekaligus jaringan sosial. Terbentuknya Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) dan tersusunnya pengurus APSI Sumatera Utara diharapkan bisa menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat seni, sekaligus membangun masa depan pendidikan seni yang mampu menjawab impian organisasi yang sedang digeluti. Harapan yang besar kepada pengurus pusat dan wilayah adalah mampu memajukan profesi, meningkatkan kompetensi diri, menambah wawasan yang luas, adanya perlindungan atas profesi, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Panji Suroso, S.Pd., M.Si. mewakili dekan FBS mengatakan pameran merupakan ajang bagi para dosen seni rupa untuk mengaktualisasikan dirinya dalam menyalurkan gagasan maupun ekspresinya. Selain dosen juga sekaligus sebagai perupa yang senantiasa diharapkan untuk berkarya. Berkarya seni rupa yang kemudian dipamerkan selain untuk aktualisasi diri juga sekaligus untuk membertikan motivasi kepada khalayak khususnya bagi mahasiswa. Kami sebagai pimpinan Fakulttas Bahasa dan Seni Universitas negeri Medan menyambut baik dan mengapresiasi yang tinggi atas terselenggaranya pameran seni rupa. Kami berharap pameran seni rupa ini juga sekaligus sebagai bahan evaluasi dan apresiasi ke masa depan.

Dr. Agus Cahyono, M. Hum., dalam sambutannya menyampaikan terbentuknya Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) dan tersusunnya pengurus APSI Sumatera Utara diharapkan bisa menjawab tantangan-tantangan riil yang dihadapi masyarakat seni negeri ini. Kita harus mampu membangun masa depan pendidikan seni yang menjawab tantangan zaman. Pelantikan pengurus APSI Sumatera Utara ini disertai dengan pameran seni rupa. Semoga pameran ini tidak hanya bersifat apresiasi, edukasi, dan sosialisasi tetapi juga bagian dari pelestarian seni tradisi dan pengembangan seni modern.(Humas Unimed)