FAKULTAS BAHASA DAN SENI

Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS Unimed Juara 1 Duta Bahasa SUMUT

previous arrow
next arrow
Slider

 

MEDAN – Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU), menyelenggarakan malam puncak kegiatan pemilihan Duta Bahasa (Dubas) 2018. Kegiatan untuk meningkatkan peran generasi muda itu dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah pengunaannya diikuti oleh 240 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Akhir pada acara puncaknya terpilih Patrial Olivert Zega mantan Ketua HMJ BSI FBS UNIMED, Tidak salah lagi, Patrial adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNIMED, salah satu jurusan yang tak kalah banyak meraih prestasi. Patrial berhasil mendominasi 19 finalis lainnya setelah melalui banyak sesi di saat karantina yang berlangsung pada 3-5 Mei di Hotel Polonia Medan. Ia telah memecahkan rekor dengan menaikkan kembali nama kampus UNIMED setelah 2 tahun berturut-turut tidak memegang gelar Duta Bahasa.

“Dalam upaya mempertahankan budaya Indonesia, pemuda memang harus berewawasan global, namun juga harus berkarakter lokal, yaitu karakter Indonesia yang berbudaya dan cinta bahasanya sendiri” Ujar Patrial dalam sesi menjawab pertanyan yang diksaksikan langsung oleh ratusan orang dan beberapa petinggi di kota Medan.

Menurut ketua panitia, Yulia Fitra menyampaikan “Dubas terpilih akan mengikuti pemilihan Dubas tingkat nasional. Maka itu, setelah terpilih Patrial akan mengikuti pembekalan yang langsung dibina oleh BBSU,” ujar ketua panitia.

Sebagai dewan juri pada acara malam puncak pemilihan Dubas Sumatera Utara 2018 ini masing-masing, Muhri Fauzi Hafiz wakil ketua komisi A DPRD provinsi Sumatera Utara, Mora Nasution pakar komunikasi dari on the stage, Putri Mentari Sitanggang dari Puteri Indonesia Sumut 2016, Fairul Zabadi dan Salbiyah Nurul Aini dari BBSU.

Prof. Syawal Gultom, mengucapkan selamat kepada Patrial Olivert Zega atas prestasinya sebagai juara 1 Duta Bahasa Sumatera Utara. Tentunya prestasi ini hasil dari kerja keras dan penuh kesungguhan untuk mengejar prestasi. “Kita civitas Unimed mengucapkan selamat, semoga ditingkat nasional dapat kembali menjadi juara, sehingga membawa harus nama baik Unimed dan Sumatera Utara ditingkat Duta Bahasa Nasional. Kita juga sangat berharap agar prestasi ini dapat memicu semangat seluruh mahasiswa Unimed untuk terus berprestasi, karena prestasi tersebutlah sebagai satu indikator kunci keberhasilan dari proses akademik perkuliahan,” Ujar Prof. Syawal.

Kabarnya Patrial juga akan mewakili Sumatera Utara dalam ajang pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional di Jakarta pada bulan agustus 2018 mendatang. (Humas Unimed)