FAKULTAS BAHASA DAN SENI INFO FAKULTAS

Pererat Silaturahim Civitas, FBS Gelar Buka Puasa Bersama

previous arrow
next arrow
Slider

 

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unimed mengadakan buka bersama dan santunan anak yatim dalam rangka meningkatkan hubungan silaturrahim dan kebersamaan yang diadakan di Ruang Aula lantai III Gedung B FBS (30/5). Hadir pada acara ini yakni Rektor Unimed Prof. Dr. H. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid. K, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Manihar Situmorang. M.Sc. Ph.D., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M. Hum., Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Dekan I, II, II Fakultas Bahasa dan Seni beserta seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilingkungan Unimed, Mahasiswa. Hadir sebagai penceramah yakni Dr. Muhammad Qorib, M.A.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M. Hum.,  menyampaikan Semangat berbagi di Bulan Ramadhan terus meningkat kebaikan  individu maupun kebersamaan. Sebagai momentum spesial, civitas FBS Unimed Berbagi Kebahagiaan Ramadhan bersama anak yatim piatu dimana kita berharap, bantuan yang kita berikan ini akan bermanfaat terhadap mereka, sperti kita ketahui bahwa menebar kebaikan dengan berbagi tentunya suatu hal yang bisa dimulai dari diri kita sendiri, lakukan walaupun itu mungkin sedikit tetapi dengan keikhlasan yang kita miliki tentunya ladang pahala balasan dari Allah SWT .

Rektor Unimed Prof. H. Syawal Gultom, dalam sambutannya mengatakan, Harapan kita agar kegiatan ini terus menguatkan hubungan silaturrahim diantara kita sesama umat beragama yang merupakan keluarga besar Unimed. Mari kita bangun kebersamaan, team work dan komitmen dalam membangun, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Ibadah puasa yang kita laksanakan ini hendaknya tidak hanya membentuk kesalehan pribadi, akan tetapi harus mampu membentuk kesalehan sosial kita sebagai pribadi bertaqwa yang hidup bersosial dengan masyarakat. Kekuatan silaturrahim antar civitas FBS Unimed  merupakan pendorong kita untuk lebih terpacu melakukan kegiatan terbaik dan bertanggungjawab atas tugas yang kita emban dalam memajukan. Mudah-mudahan kegiatan kita bersama untuk lebih peduli antar sesama dan lembaga dimana kita beraktivitas dalam kegiatan akademik di kampus. Semoga kita semua diberikan kesehatan untuk terus berkarya dan berinovasi.

Ustadz Dr. Muhammad Qorib, M.A. dalam ceramahnya mengatakan, kegiatan buka puasa bersama keluarga besar civitas Unimed merupakan upaya perkuat ukhwah/persaudaraan dan silaturrahim antar sesama civitas Unimed. Sejalan dengan arahan pak rektor dalam sambutannya tadi. Apabila diantara kita mampu perkuat ukhwah dan silaturrahim, maka akan berpengaruh terhadap pembentukan diri pribadi kita agar terdorong untuk saling membantu dan bekerja sama dalam meraih harapan dan cita-cita untuk kemajuan kampus Unimed.

Lanjut Ustadz, “Puasa mempunyai banyak faedah bagi ruhani dan jasmani yakni ketundukan, kepatuhan, dan keta’atan kepada Allah swt. Berpuasa juga merupakan sarana untuk melatih diri dalam berbagai masalah seperti jihad nafsi, melawan gangguan setan, bersabar atas malapetaka yang menimpa. Dengan puasa kita diajarkan untuk hidup teratur, karena menuntun kapan waktu buat menentukan waktu menghidangkan sahur dan berbuka. Begitupun juga menumbuhkan bagi setiap individu rasa persaudaraan serta menimbulkan perasaan untuk saling menolong antar sesama”.

Setelah mendengarkan ceramah agama yang disampaikan al-ustadz, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, kemudian shalat magrib berjamaah dan makan malam secara bersama-sama. Kebersamaan civitas dalam acara ini terbangun dengan penuh keakraban. (Humas Unimed)