FAKULTAS BAHASA DAN SENI INFO FAKULTAS

UNIMED – USM Kolaborasi Riset Seni

previous arrow
next arrow
Slider

 

MEDAN (Unimed) – Alunan lagu berjudul “Sik Sik Sibatumanikam” bergema dari Laboratorium Seni Musik, FBS Unimed, pada Rabu (4/7). Suara tersebut dilantunkan mahasiswa  FBS Unimed dan mahasiswa seni Universitas Sains Malaysia (USM). Mereka membawakan lagu daerah Sumatera Utara dalam format paduan suara.

Mahasiswa seni musik dari kedua kampus ini sedang melangsungkan workshop kolaborasi, yakni tampil bersama dalam satu panggung musik. Tujuannya adalah untuk melatih kolaborasi dan berbagi informasi tentang  riset seni khususnya bidang musik.

Selain kolaborasi dalam vocal group, mahasiswa tersebut juga kolaborasi dalam bermain musik seperti piano, gitar, dan lain-lain. Dosen seni dari kedua kampus  tersebut juga memaparkan berbagai hasil riset masing-masing.

“Mereka (mahasiswa kedua kampus) berkolaborasi tanpa berlatih secara  bersama sebelumnya. Mereka hanya dilatih secara personal dan diberikan gambaran tentang musik yang akan dibawakan. Mereka kemudian tampil bersama. Jadi ini sebenarnya untuk melatih berkolaborasi,” tutur Mukhlis, M.S., dosen Pendidikan Seni Musik Unimed.

Dekan FBS, Dr. Isda Pramuniati, M.Hum berharap kolaborasi antar kedua kampus tidak hanya pada acara tersebut. Ia juga berharap agar mahasiswa Pendidikan Seni Musik Unimed juga melakukan kunjungan ke USM. “Semakin kita banyak bepergian keluar, semakin kita melihat dunia. Maka akan semakin banyak pelajaran yang kita ambil. Maka kita akan kunjungan balasan,” ujar Dr. Isda.

“Ini juga sebagai salah satu elaborasi dari keberadaan program seni musik. Tahun ini prodi seni musik merupakan salah satu prodi peminat terbanyak tahun ini,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Dekan Sekolah Seni USM, Dr. A.S. Hardy Shafii, juga menyambut baik workshop kolaborasi tersebut dan berharap kerjasama dapat terus dilanjutkan. “Kita berharap perkongsian ini terus berlanjut. Kita berkongsi pengalaman, ide. Karena kalau sendiri yang simpan tidak bertambah ilmu kita. Dengan kolaborasi kita juga menjadi humble karena tau kekurangan kita. Saya harap pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” tutur  Dr.Shafii. (Humas Unimed)